Skip to main content

Sudah Produktifkah Hidup Saya? Merenungi Misi Hidup dan Produktivitas dalam Tugas 7 Matrikulasi Ibu Profesional

Mesa Dewi_IIP Bandung

PROGRAM MATRIKULASI BATCH #1 
[NHW#7] MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS


Bunda, setelah di materi NHW#7 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#6)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Salam Ibu Profesional,

/Septi Peni/

Jawaban :
A. Ranah aktivitas yang ada dalam kuadran SUKA dan BISA yang ingin saya asah dengan kesungguhan hingga menjadi master atas izin Allah adalah MENJADI HOME EDUCATOR

B. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :

1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
Saya ingin menjadi home educator yang handal. Bersama suami menjalankan visi misi keluarga yang telah dirumuskan bersama. Menyokong passion beliau di bidang ilmiah dan akademik, menyusun dan menjalankan kurikulum belajar keluarga dan menjadi guru teladan bagi ananda, bahkan anak-anak di lingkungan sekitar.

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
Untuk mewujudkan impian menjadi home educator yang handal, yang ingin saya lakukan adalah :
  • Berkomitmen menjadikan jam bermain bersama anak sebagai jam terbang yang mengasah kemampuan
  • Membuat portofolio anak dengan cara menuangkan pengalaman keseharian dalam bentuk tulisan dan kolase foto
  • Menuntut ilmu yang berkaitan dengan bidang ini dan membagi kembali ilmu yang dimiliki dan pengalaman yang sudah dipraktikkan. Dalam hal ini, peran komunitas sangat menunjang pembelajaran saya.
  • Menjalankan kurikulum personal bagi diri saya yang sudah saya susun di NHW #3

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
  • Memiliki ilmu dan keterampilan yang terintegrasi dan mumpuni dalam proses menjalankan misi hidup
  • Sebagai bagian dalam proses mencapai impian, besar harapan saya untuk dapat memiliki teman perjalanan dengan bakat dominan focus, discipline, restorative, futuristic, activator yang dengannya saya dapat berkolaborasi dan senantiasa diingatkan untuk tetap berjalan di dalam lintasan.


C. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
Setiap muncul pertanyaan mengenai visi hidup, saya selalu teringat surat 51 ayat 56

Jika tujuan penciptaanku adalah menjadi abdiNya, adakah tujuan hidup selain mengabdi penuh pada Sang Pencipta?
Menjadi hamba sepenuh waktu, menjalankan tujuan penciptaan dengan menjalankan peran spesifik sehingga dapat memberi kebermanfaatan dunia akhirat dan meraih ridho Allah.
Seorang praktisi Talents Mapping pernah mengutip ayat terkait dengan peran spesifik manusia sebagai jalan hidup, Tertuang di surat 17 ayat 84

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
5-10 tahun ke depan artinya saya sedang menapaki 5 KM kedua perjalanan hidup, jika Allah izinkan. Yang ingin saya capai adalah lingkungan yang kondusif untuk praktik pendidikan anak, terutama anak usia dini.
Saya ingin mengenyam pendidikan secara terstruktur dan sistematis mengenai pendidikan anak usia dini, serta bersama dengan teman-teman sevisi, membangun sebuah kelompok bermain anak sebagai wujud penuangan ide sistem pembelajaran anak sekaligus penduplikasian pengalaman yang sudah dipraktikkan di rumah dengan keluarga.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
Dalam kurun waktu 1 tahun ini saya sedang berada di KM 1-2 perjalanan. Kompetensi yang ingin saya capai pada KM 1-2 adalah Tuntas Diri. Yang mencakup mempelajari ilmu mengenai manajemen diri, waktu, pikiran dan komunikasi produktif pada keluarga.

Lebih lengkapnya, tertuang dalam kurikulum personal saya yang saya susun pada NHW #3 lalu yang saya lampirkan kembali di bawah ini.

Kurikulum Personal Pribadi yang saya coba rumuskan
Bismillah... semoga tak ada langkah yang tergerak oleh hati yang tak tertuju padaMu, ya Rabb...

#ODOPfor99days
#day99
#institutibuprofesional
#griyariset

Comments

  1. Messaa... selalu suka deh dengan strategi2 nya terkonsep jelas

    ReplyDelete
  2. Messaa... selalu suka deh dengan strategi2 nya terkonsep jelas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menulis Cerita Anak : Pengenalan Anggota Tubuh

CERITA TENTANG PENGENALAN ANGGOTA TUBUH Udara hangat, suara burung berkicau dan air bergemericik, menemani sang mentari menyingsing dari arah timur. “Assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh…. Selamat pagi anak-anak… Bagaimana kabar hari ini?” ibu guru membuka ruang kelas batita dengan sapaan penuh semangat. Anak-anakpun menjawab dengan antusias, bahkan mereka berlomba-lomba mengeraskan suara, “Wa’alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh… Selamat pagi ibu guru… Alhamdulillah….Luar biasa…Allahu Akbar!” Jawaban sapaan berlogat cedal khas anak-anak membahana di seluruh isi ruangan. Ibu guru tersenyum lebar. (Coba, siapa yang bisa peragakan, bagaimana senyum lebar itu?). Jawaban nyaring anak-anak tadi tak ubahnya pasokan energi yang membuat semangatnya menggebu sehari penuh. Pagi ini sang ibu guru akan mengenalkan pada anak-anak mengenai anggota tubuh. Sengaja beliau datang dengan tangan hampa. Tanpa buku, tanpa alat peraga. Rupanya beliau ingin tahu seberapa jauh anak-

Mini Project : Belajar Siklus Air

Mini Project 20 Juli 2016 Belajar Siklus Air Beberapa sore belakangan, hujan selalu menyapa. Allahumma shoyyiban nafi’an Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. Salah satu kebiasaan yang Mentari Pagi lakukan saat hujan adalah melihat kamar belakang sambil melapor, “Ngga bocor koq Mi,alhamdulillah kering.” Hihihi..Atap kamar belakang memang ada yang bocor. Sehingga jika hujan turun, terlebih hujan besar, saya selalu mengeceknya, apakah bocor atau tidak. Dan kebiasaan inilah yang damati dan diduplikasi oleh MeGi. Dari sini jadi terpikir untuk mengenalkan siklus air padanya. Alhamdulillah, kemudahan dari Allah. Saat membuka facebook timeline , ada teman yang membagi album foto mba Amalia Kartika. Berisikan ilustrasi menarik mengenai informasi ayat-ayat yang berkaitan dengan air dan hujan. Jadilah ini sebagai salah satu referensi saya saat belajar bersama mengenai siklus air. Untuk aktivitas ini saya menggunakan ilustrasi siklus air untuk stimulasi m

Manajemen Prioritas dalam Berkomunitas

Membuat Skala Prioritas Beberapa pekan lalu, kami sebagai tim Training and Consulting Ibu Profesional Non ASIA mengundang mba Rima Melani (Divisi Research and Development – Resource Center Ibu Profesional, Leader Ibu Profesional Banyumas Raya sekaligus Praktisi Talents Mapping ) di WhatsApp Group Magang Internal. Bahasan yang disampaikan adalah mengenai Manajemen Prioritas dalam Berkomunitas.  Bahasan ini kami jadwalkan sebagai materi kedua dari rangkaian materi pembekalan untuk pengurus IP Non ASIA karena bermula dari kebutuhan pribadi sebagai pengurus komunitas. Masih berkaitan dengan materi sebelumnya, yang bisa disimak di tulisan sebelumnya . Di materi pertama lalu kami diajak uni Nesri untuk menelusuri peran diri sebagai individu, yang kemudian dipetakan dan dikaitkan dengan peran dalam keluarga sebagai lingkaran pertama, dilanjutkan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan sosial sekitar. Sehingga antara peran diri, peran dalam keluarga serta peran komunal dapat di